Fasilitas Teknologi Informasi dan Komunikasi di Universitas Gunadarma

Fasilitas T.I.K

  1. Sistem Aplikasi Sistem Informasi Akademik dan Portofolio Layanan Informasi Berbasis Web

Pengembangan Sistem Informasi Akademik Terpadu Sistem Aplikasi Jurusan

Sistem Informasi dikembangkan dengan model sistem terpusat. Sistem tersebut dapat dijalankan maupun diperbaharui informasinya secara terdistribusi dari berbagai lokasi, sehingga meningkatkan usabilitas (ketergunaan) sistem dan mempercepat pembaruan Informasi yang disediakan. Pembentukan sistem informasi terpusat ditujukan untuk memudahkan dalam perawatan dan kendali sistem informasi, sehingga jaminan keamanan dan integritas Informasi tercapai. Aplikasi Sistem Informasi Akademik yang telah dikembangkan selama lebih dari satu dasawarsa telah digunakan oleh seluruh program studi. Pusat basis data atau data warehouse utamanya dikelola oleh bagian Pengembangan Sistem Manajemen Akademik yang menyediakan data master dosen dan mahasiswa yang dibutuhkan oleh sistem informasi akademik atau sub sistem administrasi lainnya. Basis data tersebut digunakan oleh program studi dan satuan kerja terkait  seperti bagian sidang sarjana dan transkrip. Gambaran umum keterhubungan antara satuan kerja dalam sistem informasi terpadu dapat dilihat pada gambar berikut :

network copy


Universitas Gunadarma sudah memiliki sistem informasi akademik terpadu yang sudah dikembangkan sejak tahun 2002. Sistem informasi tersebut digunakan oleh semua program studi di Universitas Gunadarma. Beberapa informasi akadmeik pada sistem ini diintegrasikan ke akses informasi oleh mahasiswa melalui studentsite dan dosen melalui staffsite. Contoh tampilan sistem informasi akademik terpadu dapat dilihat pada gambar di bawah ini.

2014-05-13_180218

  1. Portofolio Layanan Berbasis Web

adalah website resmi dari Universitas Gunadarma yang di dalam nya berisi informasi seputar Universitas Gunadarma.

  • Website Program Studi

adalah website resmi dari Universitas Gunadarma yang di dalam nya berisi informasi seputar seluruh kegiatan program studi (fakultas dan jurusan) di Universitas Gunadarma.

Diploma

- D3 Akuntansi                                           
- D3 Kebidanan                                          

Sarjana

- S1 Agroteknologi                  
- S1 Akuntansi                         
- S1 Arsitektur                         
- S1 Design Interior                
- S1 Ekonomi Syariah              
- S1 Farmasi                             
- S1 Ilmu Komunikasi              
- S1 Informatika                       
- S1 Kedokteran                        
Magister

- S2 Ilmu Komunikasi                                        
- S2 Manajemen                                                 
- S2 Manajemen Sistem Informasi                   
- S2 Psikologi                                                     

Doktor

adalah homepage resmi dosen/staff Universitas Gunadarma, di dalam nya berisi informasi seputar staff - staff Universitas Gunadarma.
Dengan mengaktifkan staffsite, dosen/staff akan mendapatkan fasilitas sebagai berikut :
o    Email (...@staff.gunadarma.ac.id)
o    Personal Site (http://staffsite.gunadarma.ac.id)
o    Personal Blog (http://nustaffsite.gunadarma.ac.id/blog)
o    Akses UG Hotzone

adalah aplikasi yang hanya diperuntukkan bagi mahasiswa Universitas Gunadarma, dengan satu account untuk semua kepentingan akses di lingkungan aplikasi Universitas Gunadarma, Didukung oleh aplikasi dan infrastruktur yang handal, aplikasi UG-SS dapat diakses dimana saja secara online. Dapat mengakses semua informasi yang terkait dengan perkuliahan melalui fasilitas ini.
Fasilitas-fasilitas yang didapatkan apabila telah mengaktifkan account studentsite :
o    Email Account (...@student.gunadarma.ac.id)
o    Akses ke Informasi Akademik UG
o    Rangkuman Nilai
o    Pendaftaran Sidang
o    Akses ke UG Hotzone
o    Agenda dsb.

adalah Biro Administrasi Akademik dan Kemahasiswaan, biro yang menangani segala sesuatu yang berkaitan dengan penyelenggaraan kegiatan belajar mengajar dan administrasi akademik bagi seluruh mahasiswa Universitas Gunadarma.

adalah Pengembangan Sistem Manajemen Akademik, merupakan unit struktural di tingkat Universitas Gunadarma yang terlibat dalam pengolahan informasi akademik. Mahasiswa bisa mengisi KRS sendiri secara langsung ke Terminal Komputer, yang dipandu oleh Pembimbing Akademik dan Penasehat Akademik yang ditunjukan untuk masing-masing kelas. Selain itu, PSMA online mencetak KRS dan kartu mahasiswa yang sudah dilengkapi dengan teknologi smartcard, RFID, dan alat pembayaran elektronik yang implementasinya bekerja sama dengan pihak Bank.

adalah pusat dari informasi karir Universitas Gunadarma, situs ini masih dalam proses penyempurnaan.


adalah Internet Based Test TOEFL, bekerja sama dengan Prometric-USA, Universitas Gunadarma telah ditunjuk oleh ETS sebagai Pusat Pengujian Bersertifikat untuk iBT-TOEFL. TOEFL iBT mengukur seberapa baik Anda membaca, mendengar, berbicara dan menulis dalam bahasa Inggris dan menggunakan keterampilan ini bersama di kelas universitas. Misalnya, Anda mungkin membaca suatu bagian atau mendengarkan cerita, lalu menulis atau berbicara tentang apa yang Anda pelajari.

merupakan kumpulan jurnal penelitian dari semua fakultas yang ditulis oleh Dosen dan Mahasiswa Universitas Gunadarma. UG Jurnal terbit tiap sebulan sekali dan tiap bulannya memuat jurnal dari berbagai fakultas.

adalah situs untuk Pendaftaran Mahasiswa Baru Universitas Gunadarma secara online, meliputi informasi, prosedur, syarat dan tahapan - tahapan lainnya mengenai penerimaan mahasiswa baru.

merupakan suatu wadah sumbangsih bagi civitas akademika khususnya dan bagi masyarakat umumnya, disini anda dapat mencari dan memberi arah informasi yang berkaitan dengan Universitas Gunadarma, mulai dari pendaftaran, perkuliahan, alumni, prosedur-prosedur, fasilitas serta hal-hal yang berhubungan dengan istilah yang sering ditemui di lingkup pendidikan universitas.

  1. Fasilitas Pembelajaran Berbasis ICT

Unit ini adalah melakukan koordinasi antar bagian dalam proses dan layanan sistem pembelajaran secara elektronik maupun pembelajaran berbasis web bagi dosen dan mahasiswa. Keberadaan sistem pembelajaran online yang sudah berjalan selama ini bukan bermaksud untuk menggantikan sistem tatap muka di kelas, namun untuk lebih memperkaya material yang mudah tersedia sehingga memudahkan mahasiswa dalam pemahaman materi ajar.

o    UG E-Learning Center menaungi diantara nya :

  1. E-BOOK  (elektronik book) berisi buku - buku elektronik yang di pergunakan dalam sivitas akademik di Universitas Gunadarma.
  2. SAP ONLINE (satuan acara perkuliahan) atau bisa di download pada masing - masing staffsite. 
  3. V-CLASS (virtual class online) sebuah aktivitas belajar-mengajar yang melibatkan dosen dan mahasiswa dalam sebuah perkuliahan dengan menggunakan fasilitas komputer multimedia melalui media internet tanpa menggunakan ruang kelas.  Aktivitas ini dimaksudkan untuk melengkapi “blended learning” yang memadukan dan menyelaraskan antara metode pembelajaran “face to face” di kelas dengan pembelajaran menggunakan media elektronik secara online.
  4. MATERIAL
  5. I-LAB (integrated laboratory)

  • UG Staffsite
  • UG Studentsite

adalah situs resmi perpustakaan Universitas Gunadarma. Di lengkapi dengan beragam bahan pustaka yang terdiri dari buku literatur baik dalam bahasa Indonesia maupun bahasa Inggris, majalah, jurnal ilmiah serta buku ilmu pengetahuan lainnya. Fasilitas ini telah digunakan mahasiswa, dosen, karyawan dan alumni Universitas Gunadarma.

Perpustakaan Universitas Gunadarma Kampus H

prosedure peminjaman buku di Perpustaakan Universitas Gunadarma

adalah laboratorium komputer dengan konsep baru yang dikembangkan oleh Universitas Gunadarma. Konsep ini mengacu pada kemandirian Praktikan, sehingga diharapkan setiap Praktikan memiliki tanggung jawab pada diri sendiri serta lebih dewasa dalam bersikap dan berperilaku dalam praktikum.
prosedur praktikan Ilab

integrated laboratory

  • UG HotZone

Di setiap sudut kampus telah difasilitasi dengan hotspot yang dikenal dengan hotzone. UG Hotzone yang terdapat di 70 titik yang tersebar di berbagai lokasi kampus yang diperuntukkan bagi seluruh sivitas akademika. Hal ini memudahkan setiap sivitas akademika Universitas Gunadarma mengakses internet di seluruh lokasi kampus dengan mudah dan cepat terutama bagi mereka yang memiliki notebook, handphone, PDA yang sudah fasilitas WiFi. Terutama untuk setiap mahasiswa baru mulai dari awal masuk untuk aktivasi studentsite.


hanya untuk di lokasi kampus H, kelapa dua, depok

  • UG Internet Lounge

merupakan fasilitas akses internet yang disediakan gratis untuk mahasiswa. Lokasinya berada di tiga kampus yaitu Kampus Depok, Kampus Kelapa Dua, dan Kampus Kalimalang. Fasilitas ini dikhususkan untuk mahasiswa yang tidak mempunyai atau tidak membawa notebook di lingkungan kampus. Sedangkan untuk yang mempunyai notebook berfasilitas WiFi bisa mengakses internet melalui fasilitas UG Hotspot Zone.

  • Student Digital Portofolio

terdapat pada UG STUDENT SITE, yang dimana hanya mahasiswa Universitas Gunadarma yang memiliki akses untuk masuk ke dalam nya. berisikan tulisan atau tugas dari mahasiswa yang di upload untuk keperluan akademik.

    

Berbagai macam fasilitas teknologi dan informasi berupa fisik dan audiovisual bisa di jumpai pada lokasi kampus atau kelas. Dapat di manfaatkan secara optimal untuk keperluan sivitas akademik. Fasilitas lain dalam mendukung pembelajaran dan penelitian bagi dosen maupun mahasiswa beberapa di antara nya adalah laboratorium - laboratorium dengan berbagai perlengkapannya (seperti : modul, alat peraga, petunjuk praktikum, dan komputer) serta ruang kelas dengan segala perlengkapannya (seperti : papan tulis, OHP, viewer, dan sistem audio).

referensi :

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Makna dari Logo Joss Coffee

KOMPUTASI PARALEL dan KOMPUTASI AWAN