KOMPUTASI MODERN dan BIG DATA


PERKEMBANGAN KOMPUTASI MODERN

Pengertian Komputasi

Sebagai proses perhitungan atau pemecahan masalah dengan menggunakan algoritma komputer. Ada sejak jaman dahulu dan semakin berkembang hingga sekarang, membuat manusia berpikir yang berujung kepada penciptaan solusi untuk berbagai masalah perhitungan yang biasa kita kenal algoritma, yang diterapkan ke dalam sistem komputer. Di sebut modern karena menggunakan alat yang canggih saat penyelesaian masalah. Jadi komputasi modern adalah perhitungan dengan penggunaan komputer cangih yang di dalam nya menyimpan sejumlah algoritma untuk menyelesaikan masalah perhitungan secara efektif dan efisien.

Sejarah

Konsep ini di cetus oleh john Von Neumann (1903-1957) seseorang yang meletakan dasar -dasar computer modern. Berkerja dengan menghitung dan mencari solusi dari masalah yang ada dan perhitungan nya. Berjasa dalam bidang matematika, fisika nuklir game theory, teori kuantum dan ilmu computer yang di implementasi melalui karya -karya nya.
Menjadi seorang konsultan pada pengemangan computer ENIAC, merancang konsep arsitektur computer yang masih dipakai hingga saat ini, arsitektur dengan program dan data yang tersimpan dalam memori dengan pengendalian pusat, input-output, dan memori.
·         Konrad Zuse’s electromechanical “Z mesin”. Z3 (1941) mesin pertama dengan biner, termasuk aritmatika floating point dan ukuran programmability. Di 1998, Z3 operasional pertama di dunia komputer itu di anggap sebagai Turing lengkap.
·         Non-programmable Atanasoff-Berry Computer di temukan 1941 memakai tabung hampa berdasarkan perhitungannya, biner, dan regeneratif memori kapasitor.
·         Komputer Colossus ditemukan pada 1943, mampu untuk membatasi kemampuan program pada alat ini menunjukkan bahwa perangkat menggunakan ribuan tabung dapat digunakan lebih baik dan elektronik reprogrammable. Digunakan untuk memecahkan kode perang Jerman.
·         The Harvard Mark I ditemukan 1944, mempunyai skala besar, merupakan komputer elektromekanis dengan programmability terbatas.
·         US Army’s Ballistic Research Laboratory ENIAC ditemukan pada 1946, fungsi nya untuk menghitung desimal aritmatika dan biasanya disebut sebagai tujuan umum pertama komputer elektronik (ENIAC merupaka generasi yang sudah sangat berkembang di zamannya sejak komputer pertama Konrad Zuse ’s Z3 yang ditemukan tahun 1941).
Di 1980-an awal kemajuan teknologi di bidang komputer untuk pribadi, ditambah kemajuan yang pesat dalam evolusi internet hingga saat ini yang memungkinkan sang pengguna komputer untuk mengeksplorasi dan mempelajari bidang ilmu komputasi lebih jauh mendalam seperti komputasi sains, fisika, kimia, biologi, dan geologi.

Perkembangan komputasi ini terbagi menjadi tiga macam bagian :

1.              Komputasi Mobile


Komputasi mobile adalah komputasi yang bergerak. Teknologi komputer yang dapat berkomunikasi dengan jaringan tanpa kabel , dan mudah dibawa untuk berpindah ke lain tempat. Seperti GPS, juga smartphone.

2.              Komputasi Grid


Komputasi grid ini adalah komputasi yang menggunakan komputer terpisah oleh geografis, didistibusikan dan terhubung oleh jaringan untuk menyelasaikan masalah komputasi skala besar.

3.              Komputasi Cloud
Komputasi cloud ini, gaya komputasi yang terukur dinamis dan sumber daya virtual yang menyediakan layanan melalui internet. Komputasi cloud menggambarkan pelengkap baru, konsumsi dan layanan IT berbasis model dalam internet.

Beberapa hal yang menjadi perhitungan dari komputasi modern diantara nya adalah :

Akurasi (big, Floating point), Kecepatan (dalam satuan Hz), Problem Volume Besar (Down Sizzing atau pararel), Modeling (NN & GA), dan Kompleksitas (Menggunakan Teori big O)

Implementasi Komputasi dapat di terapkan pada berbagai bidang keilmuan, seperti :

·         Matematika komputasi, menggunakan komputasi khusus nya dengan komputer untuk menyelesaikan permasalahan matematika. Ilmu ini akan terus berkembang mengingat kepentingan nya di dalam matematika, lalu komputasi memainkan peran yang semakin menyempurnakan, baik untuk ilmu pengetahuan maupun di matematika sendiri.
·         Fisika, menjadi solusi permasalahan medan magnet dengan menggunakan komputasi fisika, dalam hal ini menentukan besarnya medan magnet dan membandingkan hubungan antara medan magnet dan panjang kawat.
·         Kimia, dalam hal ini kimia untuk mendapatkan suatu senyawa baru yang bila dilakukan secara manual sudah pasti menimbulkan resiko yang lebih besar jika dibandingkan dengan proses komputasi. Selain itu sifat dari atom dan molekul yang sangat kecil dapat dilakukan peramalan menggunakan komputasi.
·         Ekonomi, mempelajari ilmu antara ekonomi dengan komputasi, meliputi agent-based computational modelling of dynamic macroeconomic systems dan pengembangan alat bantu dalam pendidikan komputasi ekonomi.
·         Geologi dan geografi, di bidang ini dapat dilakukan pemanfaatan seperti pemodelan terhadap akses keadaan geografis suatu permukaan wilayah yang dapat dipantau jika terjadi pergerakan atau getaran. Dimanfaatkan juga informasi mengenai prakiraan cuaca.


BIG DATA

Sebagai pengacu dalam pengumpulan data, mengorganisasi nya, dan menganalisis sekumpulan big data agar mendapatkan gambaran dan informasi yang bermanfaat. Selain itu bertujuan untuk membantu dalam mengambil keputusan bisnis. Dengan maksut dari hasil analisis untuk menghasilkan pengetahuan.

Metode BIG DATA

Dalam penganalisisan Big Data dibagi menjadi 2 teknik, diantara nya adalah

The Store and Analyze Approach

Sebelum data di analisis perlu di integrasikan sumber data ke dalam consolidated data store. Yang menggunakan sistem data warehouse tradisional untuk menghasilkan data analytics. Data – data yang di dapatkan di management oleh relational DBMS atau Multidimensional DBMS.

The analyze and Store Approach

Menganalisis data yang berhubungan dengan proses bisnis, berada antara network dan system. Dimana hasil nya nanti akan di sajikan pada interactive dashboards dan atau dipublikasikan ke dalam data store seperti data warehouse agar dapat di akses pengguna, menghasilkan historical reporting dan analisis tambahan lainnya. Selain itu dapat juga digunakan untuk mengagregasi big data sebelum dimasukan ke dalam data warehouse.

Studi kasus


Suatu Agen atau perusahaan retail memanfaatkan teknologi informasi salah satu nya social media seperti Instagram, facebook, twitter, atau line yang  data nya tersimpan pada big data. Kemudian digunakan untuk menganalisis pasar jual bagaimana konsumen dalam perilaku atau respon nya terhadap produk atau brand dari perusahaan tersebut.




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Makna dari Logo Joss Coffee

KOMPUTASI PARALEL dan KOMPUTASI AWAN

Fasilitas Teknologi Informasi dan Komunikasi di Universitas Gunadarma